membuat M-Learning Perkembangan Teknologi

pada kesempatan kali ini saya saya akan membahas mengenai perancangan PI (penulisan ilmiah) yang sedang saya kerjakan. dalam penulisan ini saya mengambil tema aplikasi diandroid berjudul perkembangan teknologi. saya mengambil tema ini di karenakan perkembangan teknologi yang ada saat ini terbilang sangat pesat sejak dimulai nya pertama kali. 

di aplikasi ini, saya membuat 3 buah button/tombol pada tampilan awal aplikasi ini. seperti pada gambar dibawah ini :

selanjutnya ketika kita memilih tombol start dita akan masuk kedalam materi-materi yang ada pada aplikasi ini. disini saya memilih 3 buah materi yang akan saya bahas dalam aplikasi ini, yaitu perkembangan komputer, android dan windows os. seperti pada gambar dibawah ini :


setelah itu, saat kita memilih salah satu materi yang ada kita akan masuk ke slide selanjutnya yaitu antara sejarah dan contoh soal.


berikut ini tampilan pada sejarah komputer :

pada sejarah komputer, saya menjelaskan mengenai perkembangan komputer mulai dari sejak komputer pertama kali ditemukan hingga yang ada saat ini.

berikutnya tampilan pada slide contoh soal, yang berisi mengenai pembahasan-pembahaasan dari materi yang telah kita baca pada slide sejarah.


lalu pada menu tentang berisi info pembuat aplikasi dan tujuan dari pembuatan aplikasi.


terakhir adalah tombol exit, dimana ketika kita memilih untuk keluar dari aplikasi ini, kita akan ditanyakan kembali, apakah anda yakin ingin keluar. seperti pada gambar dibawah ini : 


sekian pembahasan mengenai aplikasi yang saya buat mengenai M-learning perkembangan teknologi, guna melengkapi tugas softskill saya. atas perhatian nya saya ucapkan Terima Kasih :)

Game Shoot in Space dengan Processing

  PImage img;
  PFont fontA;
  int sphereDiameter = 10;
  boolean shoot = false;
 
  int randx()
  {
    return int(random(600));
  }
 
  int[] sphereXCoords = { randx(), randx(), randx(), randx(), randx() };
  int[] sphereYCoords = { 0, 0, 0, 0, 0 };
 
  void setup()
  {
    size(600,620);
    size(600,620);
  // Make a new instance of a PImage by loading an image file
  img = loadImage("tes.png");
  }
 
  void draw()
  {
    background(0);
    // Draw the image to the screen at coordinate (0,0)
    image(img,0,0);
    fill(color(0,255,0));
    stroke(color(0,255,0));
    triangle(mouseX-8, 580, mouseX+8, 580, mouseX, 565);
    fill(color(255,0,0));
    stroke(color(255,0,0));
 
    if(shoot==true)
    {
      sphereKiller(mouseX);
      shoot = false;
    }
 
    sphereDropper();
    gameEnder(); 
  }
 
  void mousePressed()
  {
    shoot = true;
  }
 
  void sphereDropper()
  { 
    stroke(255);
    fill(255);
    for (int i=0; i<5; i++)
    {
      ellipse(sphereXCoords[i], sphereYCoords[i]++,
              sphereDiameter, sphereDiameter);
    }
  }
 
  void sphereKiller(int shotX)
  {
    boolean hit = false;
    for (int i = 0; i < 5; i++)
    {
      if((shotX >= (sphereXCoords[i]-sphereDiameter/2)) &&
         (shotX <= (sphereXCoords[i]+sphereDiameter/2)))
      {
        hit = true;
        line(mouseX, 565, mouseX, sphereYCoords[i]);
        ellipse(sphereXCoords[i], sphereYCoords[i],
                sphereDiameter+25, sphereDiameter+25);
        sphereXCoords[i] = randx();
        sphereYCoords[i] = 0;
      }   
    }
 
    if(hit == false)
    {
      line(mouseX, 565, mouseX, 0);
    } 
 
  }
 
  void gameEnder()
  {
    for (int i=0; i< 5; i++)
    {
      if(sphereYCoords[i]==600)
      {
        fill(color(255,0,0));
        noLoop();
      }
    }
  }


  PImage img;
  PFont fontA;
  int sphereDiameter = 10;
  boolean shoot = false;
 
pertama-tama kita mulai dengan mendeklarasikan semua variable dan tipe data yang akan kita gunakan dalam pembuat program game ini.

  void setup()
  {
    size(600,620);
    size(600,620);
  // Make a new instance of a PImage by loading an image file
  img = loadImage("tes.png");
  }
 
Dari potongan kode-kode diatas kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang kita mulai saat program akan dijalankan. Dimulai dari pembentukan layout, bahwa ukuram layout yang dibuat untuk area game ini 600 x 620, serta kita juga menambahkan sebuah background gambar agar tampilan game ini tidak monoton.

  void draw()
  {
    background(0);
    // Draw the image to the screen at coordinate (0,0)
    image(img,0,0);
    fill(color(0,255,0));
    stroke(color(0,255,0));
    triangle(mouseX-8, 580, mouseX+8, 580, mouseX, 565);
    fill(color(255,0,0));
    stroke(color(255,0,0));
 
    if(shoot==true)
    {
      sphereKiller(mouseX);
      shoot = false;
    }
 
    sphereDropper();
    gameEnder(); 
  }

Pada image(img,0,0); kita gunakan untuk menampilkan background dari gambar yang akan kita input.
Selanjutnya triangle(mouseX-8, 580, mouseX+8, 580, mouseX, 565); potongan program ini adalah untuk merubah pointer mouse menjadi bentuk segitiga yang nantinya akan kita gunakan sebagai pesawat untuk menembak-nembak dalam permainan ini.
Sedangkan pada
    sphereDropper();
    gameEnder();
 digunakan untuk mengakhiri game, dimana kondisinya bila bola-bola yang jatuh mencapai dasar dari layout.

  void sphereDropper()
  { 
    stroke(255);
    fill(255);
    for (int i=0; i<5; i++)
    {
      ellipse(sphereXCoords[i], sphereYCoords[i]++,
              sphereDiameter, sphereDiameter);
    }
  }
Disini kita memberikan kondisi dimana permainan akan berakhir bila bola-bola yang jatuh mencapi dasar dari layout yang kita buat.

  void sphereKiller(int shotX)
  {
    boolean hit = false;
    for (int i = 0; i < 5; i++)
    {
      if((shotX >= (sphereXCoords[i]-sphereDiameter/2)) &&
         (shotX <= (sphereXCoords[i]+sphereDiameter/2)))
      {
        hit = true;
        line(mouseX, 565, mouseX, sphereYCoords[i]);
        ellipse(sphereXCoords[i], sphereYCoords[i],
                sphereDiameter+25, sphereDiameter+25);
        sphereXCoords[i] = randx();
        sphereYCoords[i] = 0;
      }   
    }
 
    if(hit == false)
    {
      line(mouseX, 565, mouseX, 0);
    }   
  }
Potongan program diatas digunakan untuk memberikan kondisi dimana saat kita mengklik mouse maka laser berwarna merah akan ditembakkan untuk menghancukkan bola-bola yang berjatuhan.

  void gameEnder()
  {
    for (int i=0; i< 5; i++)
    {
      if(sphereYCoords[i]==600)
      {
        fill(color(255,0,0));
        noLoop();
      }
    }
  }
Terakhir bila bola telah jatuh dan sampai kebawah dasar layout, maka game akan diakhiri.

Test Game :
Disini kita akan menguji coba game yang telah kita buat.

Tampilan Pada Processing :
Tampilan saat kita memulai permainan :


Tampilan Saat Game Berakhir :

5 Game PC terbaik 2013

Memasuki tahun 2013, hal yang paling dinantikan oleh setiap gamers yaitu update game terbaru yang pastinya akan semakin menarik dari tahun ke tahun, tanpa panjang lebar langsung saja ini dia list game terbaik 2013 yang layak untuk dimainkan.

CRYSIS 3

ini adalah game yang sangat menarik untuk anda mainkan. Namun untuk dapat memainkan game ini, kita juga harus memiliki spesifikasi PC yang lumayan tinggi, karena dalam game ini menggunakan efek-efek khusus yang tentunya memakai program aplikasi yang tidak sedikit. Pada game ini kita bertindak sebagai seorang pahlawan yang menjadi seorang pemburu di kota New York yang kondisinya sudah hancur lebur. Misinya yaitu untuk membangkitkan kembali peradaban manusia yang sudah hamper punah.

PRO EVOLUTION SOCCER 2013
Game ini memang tak aneh jika menempati posisi ke dua, Karena hampir semua orang dibelahan dunia yang  suka dengan olahraga yang satu. Versi 2013 ini memang sudah mengalami evolution/pekembangan  dari versi 2012 yang tentunya lebih baik. Perbedaannya sangat mencolok, mulai dari segi Display, Suara, Controler dan juga update team dan pemainnya.

Grand Theft Auto 5
Siapa yang tidak tahu dengan game yang satu ini, game ini sudah sangan terkenal mulai dari seri sebelumnya hingga yang terbaru saat ini. Game ini sangat menarik karena selain dari sisi kualitas objek yang detampilkan hampir sama dengan yang asli nya, juga dari segi interface nya yang membuat orang menjadi tertarik untuk memainkannya, selain itu misi-misi dari setiap game ini berbeda-beda sehingga kita lebih antusias dalam memainkannya.

Game Tomb Raider
Game yang bergenre action ini sangan menarik perhatian karna selain kualitas dari objek yang sangat mirip dengan manusia asli nya, dalam game ini juga terdapat beberapa gerakan-gerakan yang membuat kita lebih excited dalam memainkannya. Sama seperti dalam game-game sebelumnya pada game ini juga terdapat misi-misi yang tidak kalah serunya dengan misi pada versi game sebelumnya. Bagi pada gamers yang menyukain game action, sepertinya game yang satu ini patut anda coba.

Sim City
Pada peringgkat ke lima dimana terdapat game Sim City, pada game ini kita dituntut agar dapat berinteraksi dengan karakter lain yang terdapat dalam game ini. Yang membuat gam ini menarik, kita dapat belajar cara bersosialisasi atau berkomunikasi seperti halnya dalam dunia nyata. Bagi kalian yang suka dengan game versi sebelumnya, kalian layak mencoba nya pada versi yang terbarunya saat ini.

5 Game Android Top Free versi Google Play


Subway Surfers, ini merupakan game yang sangat seru, menarik serta merangsang respon gerak dan kecepatan berfikir. Inti dalam permainan ini adalah kita melarikan dari kejaran polisi dan anjing penjaga stasiun karena kita telah membuat graffiti didalam gerbong kereta. Game ini cukup suskses dalam google play store dan berhasil mencapai posisi pertama dalam top free apps.

Fruit Ninja Free, sebelumnya game fruit ninja free berada pada posisi pertama, namun posisi tersebut telah digeser oleh game Subway Surfers. dari namanya sudah jelas bahwa game ini gratis, walaupun gratis game fruit ninja juga dibuat dalam versi berbayarnya. Dalam google play game ini berada di posisi kedua, ini adalah game yang dimana kita sebagai ninja yang bertugas memotong-motong buah yang nantinya keluar di layar dan tidak boleh mengenai bom. Serta terdapat 3 mode dalam permainan ini.

Monster Zuma, ini sebenarnya game lama yang pernah ada dalam versi desktopnya. Dalam game ini kita diharuskan untuk menembakkan bola ke warna bola yang sesuai dengan warna bola yang akan ditembakkan. Setiap lvl memiliki speed game yang berbeda-beda. Dalam google play game ini berada pada posisi ke tiga.

Turbo River Racing Free, pada pemain ini merupakan game sport yang sangat seru karena pada game ini kita dituntut untuk cepat dalam menyelesaikan setiap race. Dari nama game ini saja kita sudah dapat mengetahui bahwa game ini dapat di mainkan  secara gratis. Pada google play, game ini berada pada peringkat ke empat.


Big Truck, sama dengan yang lainnya, pada gam ini kita berlomba untuk memecahkan skor tertinggi yang dapat kita raih dengan melewati segala rintangan yang ada pada setiap race. Karena pada setiiap race memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, sehingga membuat game ini menjadi lebih menarik. Pada google play, game ini berada pada peringkat kelima.

Xbox One


Sebelum kita membahas tentang xbox one, ada yang tau ga berapa lama waktu yang Microsoft perlukan untuk dapat merilis xbox terbarunya?

Xbox 360 dirilis pada 22 November 2005, artinya Microsoft membutuhkan waktu delapan tahun sejak versi pendahulunya. Konsol itu menjadi blockbuster bagi Microsoft, terjual lebih dari 70 juta unit dalam waktu tujuh tahun terakhir.

Pada Xbox One, Microsoft membenamkan CPU eight-core, RAM 8GB, HDD 500 GB, Blu-Ray Drive, Wi-Fi 802.11 dengan Wi-Fi Direct, HDMI, dan USB 3.0.

"Pengguna bisa membeli game dalam bentuk disc secara retail atau online lewat Xbox LIVE. Disc akan tetap menjadi cara meng-install game yang cepat," jelas Microsoft melalui laman resmi mereka.

Kinect masih menjadi bagian paling penting pada Xbox One.Tak hanya menyala dan mematikan konsol, mengaktivasi program dan kembali ke Home pun bisa menggunakan suara. Jika tak ingin pakai suara, Xbox One juga bisa dikendalikan dengan gestur badan.

Kinect

Kinect didasarkan dari teknologi perangkat lunak yang dikembangkan secara internal oleh Rare, anak perusahaan dari Microsoft Game Studios milik Microsoft, dan teknologi kamera oleh pengembang Israel, PrimeSense. PrimeSense mengembangkan sistem yang dapat mengintepretasikan gestur secara spesifik, sehingga kontrol secara hands-free dapat dilakukan pada perangkat elektronik menggunakan proyektor infrared dan kamera, serta microchip khusus untuk melacak pergerakan objek dan individu pada bidang tiga dimensi. Sistem 3D scanner tersebut dinamakan Light Coding yang menggunakan variasi dari rekonstruksi gambar 3D

Sensor Kinect adalah batang horizontal yang terhubung dengan alas kecil yang memiliki poros yang dapat berputar. Sensor Kinect dirancang untuk diletakkan diatas maupun di bawah TV. Perangkat ini memiliki kamera RGB, sensor kedalaman dan mikrofon yang berjalan di perangkat software khusus, yang menyediakan kemampuan untuk menangkap gerak secara 3D, mengenali wajah dan mengenali suara. Saat diluncurkan, fitur pengenal suara hanya tersedia di Jepang, Amerika Serika Kanada, dan Inggris. Sekarang fitur ini tersedia di Australia, kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Jepang Meksiko, New Zealand Amerika Serikat dan Inggris. Sistem multi-mikrofon pada Sensor Kinect memungkinkan Xbox 360 untuk mengurangi suara bising, sehingga kegiatan seperti ngobrol secara hands-free dapat dilakukan lewat Xbox Live.



Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared dikombinasikan dengan sensor CMOS monokromatik, yang merekam data video 3D dalam kondisi pencahayaan apapun. Area pengenalan sensor kedalaman dapat diatur, dan perangkat lunak Kinect secara otomatis mampu mengkalibrasikan sensor berdasarkan permainan dan kondisi lingkungan pemain, mengenali keberadaan furnitur maupun halangan lain. Kinect secara simultan mampu mengenali hingga enam orang, termasuk dua pemain aktif untuk dianalisis gerakannya pada 20 titik sendi tiap orang. Namun, PrimeSense menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat "dilihat" (tidak diproses sebagai pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam jangkauan kamera.

Sumber :