Pengertian dan Imlementasi Komputasi Modern

Teknologi Industri / Teknik Informatika
Melki Toding R
4IA15
54410348
Abstraksi
Pada zaman modern pesat nya perkembangan sebuah teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari manusia dalam semua aspek kehidupan. Dari perkembangan teknologi ini banyak manfaat yang dapat kita rasakan. Salah satu nya yaitu adanya Komputasi Modern yang dapat digunakan dalam bidang teknologi informasi dan sains.

Pendahuluan
Pastinya saat ini sebagian besar orang telah mengetahui apa itu teknologi, computer dan data. Berbeda dengan komputasi, pengertian komputasi adalah sebuah perhitungan yang akan menyelesaikan masalah matematis yang menggunakan komputer dengan cara memanfaatkan perhitungan algoritma. Beberapa acuan yang digunakan dalam menyelesaikan masalah pada komputasi modern ini adalah akurasi, kecepatan, problem, volume.

Metode Penelitian
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus metode ini digunakan untuk menghimpun data dan memperoleh pemahaman dari Komputasi Modern. Selanjutnya metode observasi terhadap salah satu contoh dari aplikasi Komputasi Modern. Lalu metode analisa dan mendokumentasikan segala metode-metode yang telah digunakan.

Pembahasan

Pengertian
Pengertian komputasi adalah sebuah perhitungan yang akan menyelesaikan masalah matematis yang menggunakan komputer dengan cara memanfaatkan perhitungan algoritma. Dulu orang melakukan perhitungan dengan menggunakan  alat yang masih sederhana, namu dengan berkembangnya teknologi yang makin canggih sehingga dengan cepat dan mudah kita dapat melakukan sebuah perhitungan dengan menggunakan sebuah komputer .

Sejarah
Secara historis, salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang melahirkan komputer. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21, Ia memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Istilah mesin komputasi , digunakan semakin dari tahun 1920, mengacu pada setiap mesin yang melakukan pekerjaan komputer manusia, yaitu, setiap mesin yang menghitung sesuai dengan metode yang efektif. Selama akhir 1940-an dan awal 1950-an. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1.         Akurasi (bit, Floating poin)
2.         Kecepatan (Dalam satuan Hz)
3.         Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
4.         Modeling (NN dan GA)
5.         Kompleksitas (Menggunakan teori Big O).

Komputasi modern memiliki beberapa karakteristik yang terdiri dari :
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.    Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.  Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Jenis-jenis Komputasi Modern
Untuk Jenis-jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). 

1.      Mobile Computing
Mobile computing atau komputasi bergerak merupakan kemajuan pada teknologi computer, dimana perangkat computer dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa melalui kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat.

2.      Grid Computing
Komputasi ini menggunakan computer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar.

3.      Cloud Computing
Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web. cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa sumber daya komputer menjadi satu resource.

Implementasi
Salah satu aplikasi yang menggunakan sistem cloud computing adalah Dropbox

Masuk kedalam halaman Dropbox https://www.dropbox.com. Buat akun dropbox. Untuk mempermudah dalam meng upload data-data yang ingin dimasukkan,

 download aplikasi dropbox pada pojok kanan atas homepage dropbox.


Lalu masuk dengan akun yang sudah dibuat


Tampilan pada akun dropbox


Selanjutinya ingin mengupload sebuah data atau dokumen-dokumen yang ingin disimpan pada dropbox kita hanya tinggal mengcopy folder tersebut kedalam folder dropbox yang ada pada windows explorer. Nantinya file-file yang kita masukkan akan secara otomatis terupload keserver dropbox dengan menggunakan koneksi internet.

Simpulan dan Saran
Komputasi Modern merupakan salah satu teknologi yang memberikan solusi kemudahan dalam memecahkan berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Pada penerapannya banyak berbagai aplikasi Cloud Computing, yang mana pengguna diberikan kebebasan dala menyimpan data maupun media lainnya. Kita tidak perlu membawa media penyimpanan yang cukup merepotkan, namun dengan adanya cloud computing sudah memberikan kemudahan dalam penyimpanan instan. Kita hanya perlu mendownload atau mengupload file-file yang diperlukan.
 Namun pada dasarnya cloud computing memiliki beberapa kelemahan, salah satunya ya itu internet, dimana internet disini memiliki peran penting dalam transfer data yang berlangsung di cloud computing.

Daftar Pustaka :

0 Response to "Pengertian dan Imlementasi Komputasi Modern"

Posting Komentar