MANUSIA

Posisi manusia diantara makhluk lain
                Di muka bumi ini,Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna, Manusia memiliki akal yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan Tuhan yg lainya ,kebanyakan ciptaan Tuhan yang ada di Bumi ini hanya memiliki nafsu. Sehingga manusia pun dinobatkan sebagai pemimpin di muka Bumi ini. Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia)

Aspek manusia
                Manusia mempunyai 4 aspek yang berbeda yaitu kelahiran, kematian, kesehatan, dan pendidikan. Tujuan adanya aspek kelahiran adalah, untuk mengetahui segala hal, untuk pengalaman hidup, untuk menjadi seorang manusia yang berhasil, dan untuk bebas. Dalam kelahiran ini manusia juga memiliki tujuan hidupnya sebagai manusia, seperti contohnya mencapai cita-cita. Kematian merupakan suatu hal yang tidak perlu ditakuti, karena semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati juga. Kesehatan adalah masalah dramatis bagi sebagian orang, namun banyak orang tidak melakukan hal-hal paling sederhana untuk tetap sehat.

Daya manusia
                Daya Manusia (Human Resources) merupakan suatu Nilai atau potensi yang terkadung dalam diri manusia. Nilai ini bisa didapatkan Manusia dengan terus belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah ia perbuat. Semakin banyak pengalaman, dan intuisi dari Manusia semakin besar Daya Manusia tersebut.

                Walaupun begitu, banyak manusia-manusia yang menyalah-gunakan Daya Manusia tersebut. Mereka yang pintar, dan cerdas, malah justru banyak yang merusak dan menghancurkan kehidupan di bumi. Daya Manusia sangatlah kuat, maka dari itu selama hidupnya, Manusia harus diajarkan moral dan agama, agar Daya yang terkandung dari diri Manusia tersebut tidak disalah-gunakan.

Tipologi manusia
            Tipologi artinya kajian tentang tipe atau jenis. Tipologi Manusia berarti pengetahuan tentang tipe-tipe manusia. Manusia bisa dikelompokkan berdasarkan kepribadiannya yang tersusun atas faktor karakter, bakat, watak. dan lain sebagainya. Manusia sangat beragam, Manusia mempunyai karakter-karakter yang unik. Maka dari itu perlu di kaji tentang karakter-karakter yang dimiliki oleh Manusia. Psikologi merupakan salah satu pelajaran yang mempelajari kajian tersebut.

0 Response to "MANUSIA"

Posting Komentar